Skip to main content

Masalah Penggunaan Senyawa Asam Kromat

Dampak negatif bahan-bahan pencemar yang mengganggu lingkungan yang sering menjadi perhatian adalah ion-ion logam berat. Hal ini disebabkan ion-ion ini bersifat toksik meskipun pada konsentrasi yang rendah (ppm) dan umumnya sebagai polutan utama bagi lingkungan. Ion-ion logam berat seperti ion-ion kromium (IV) atau Cr6+ dapat menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati dan ginjal serta dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mempunyai sifat mudah terakumulasi, yaitu apabila ion-ion ini ada dalam tubuh mahkluk hidup akan mengalami penumpukan dan pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan keracunan.
Sumber dari pencemaran krom ini adalah dari limbah yang dibuang ke badan air dan selanjutnya mencemari tanah. Berdasarkan urutan toksisitasnya adalah Cr-O, Cr-III, Cr-VI . Seperti yang telah diketahui, penggunaan senyawa asam kromat sangat luas seperti electroplating, penyamakan kulit dan pabrik tekstil. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan sumber utama pencemaran kromium ke air permukaan. Limbah padat dari tempat prosesing kromium yang dibuang ke landfill dapat merupakan sumber kontaminan terhadap air tanah. Pembuangan limbah maupun bahan pencemar lain akan mempengaruhi kehidupan dalam air, suatu bahan pencemar dalam suatu ekosistem mungkin cukup banyak sehingga akan meracuni organisme berada di sana.
Kromium dapat ditemukan di udara, tanah, dan air buangan dari industri dari manufaktur, penggunaan, dan pembuangan dari kromium berbasis produk, dan selama proses manufaktur. Kromium biasanya tidak tetap di udara, tetapi didepositkan ke dalam tanah dan air. Kromium dapat dengan mudah beralih dari satu bentuk lain dalam air dan tanah, tergantung pada kondisi sekarang. Meskipun tidak ada resiko dari pencemaran kromium dalam skala yang besar, namun penyebaran atau perembesan logam kromium ke tanah, atau air dapat mengakibatkan berlebihannya jumlah pencemar krom ini pada sirkulasi biokimia.
Kromium dalam tanah dan air biasanya hadir sebagai trivalent atau hexavalent ion. Trivalen kromium ini dengan lemah dapat larut pada tanah yang bersifat asam kuat dan basa, sedangkan Cr hexavalent larut dalam tanah yang bersifat asam dan basa. Cr (VI) di tanah yang direduksi menjadi Cr (III), yang tersedia tidak baik untuk tanaman. Kromium (VI) memiliki efek yang merugikan pada mikroorganisme tanah karena dapat menurunkan aktivitas biologi mereka. Seperti logam berat lainnya, kromium mempengaruhi aktifitas enzim tanah oleh pengaruh mikroorganisme tanah serta perubahan dimana mereka hidup..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Instal N-Gage 2.0 di Ponsel E63/E71 (320x240)

Masih ingatkah dengan ponsel-ponsel berikut Nokia N-Gage classic & dan Nokia N-Gage QD merupaka ponsel yang tidak hanya berfungsi untuk telp maupun sms saja tapi ponsel ini memiliki beberapa fitur yang dianggap sebagai cikal bakal ponsel multimedia. ponsel ini ber-OS symbian S60v1 . fitur andalannya sudah jelas yaitu game (N-gage 1.0) yang memiliki kualitas grafik tinggi pada jamannya.

Aplikasi “Magic Key” & Cara Menggunakannya Di S60v3 E63 E71

Ponsel saat ini tidak hanya untuk alat komunikasi saja tetapi dapat digunakan untuk sarana hiburan seperti mendengarkan musik/mp3, menonton video baik offline maupun online dan bermain game. Pada kesempatan ini saya akan membagikan aplikasi yang mungkin akan membantu bagi para gamer untuk bermain game khususnya game-game N-Gage diponsel symbian S60v3 yang berlayar landscape. Magic key merupakan aplikasi yang dapat membuat tombol angka pada hp qwerty menjadi seperti hp biasa / potrait. bagi yang belum punya silahkan download

Mengatasi Status "Pending" Saat Menginstal Aplikasi dari Windows Store di Windows 8

pernah mengalami status pending saat menginstal aplikasi dari windows store ? mungkin sebagian dari orang-orang mengira bahwa koneksi internetnya sedang lambat. namun bagaimana jika koneksi internetnya sudah cepat tapi masih mengalami masalah status pending saat download aplikasi dari windows store ? mungkin langkah-langkah berikut bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut 1. cari  dan buka command prompt (cmd) jalankan sebagai administrator (run as administrator)