Skip to main content

Benarkah Tanggal 21 Desember 2012 Akhir dari Dunia ?

Sambungan dari post. “FenomenaKiamat 2012 yang Menghebohkan Dunia

 

21 desember 2012 adalah hari yang mungkin paling di tunggu oleh banyak orang yang penasaran akan benar atau tidaknya ramalan suku maya. Seperti banyak diketahui oleh banyak orang, bahwa tanggal 21 desember 2012 adalah hari “kiamat” yang di prediksikan oleh suku maya. Entah benar atau tidaknya prediksi suku maya tersebut, ada beberapa fakta yang harus diketahui.

 

Kiamat Suku Maya Cuma Salah Terjemahan

 

Kiamat akan terjadi pada tanggal 21 bulan Desember tahun 2012, begitu kata beberapa kalangan yang mempercayai bahwa perjalanan dunia berikut akhirnya telah diramalkan oleh suku Maya. Pernyataan kiamat 2012 didasari oleh berakhirnya kalender suku Maya, suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang dipercaya memiliki pengetahuan dan peradaban yang tinggi pada masa lalu.

 

Kalender suku Maya menandai akhir dari lingkaran tahun 5.126 ialah pada sekitar tanggal 21 Desember 2012. Pada saat itulah Bolon Yokte akan kembali dan menandai berakhirnya Baktun 13, yaitu periodisasi waktu 394 tahun yang diciptakan bangsa Maya

Bolon Yokte, adalah salah satu dewa suku Maya yang berkaitan dengan perang dan penciptaan. Diramalkan pada Kemunculan Bolon Yokte akan menandai kehancuran dunia. Penulis Jose Arguelles menyebut tanggal itu sebagai "akhir masa yang kita tahu" di dalam buku terbitan 1987 yang menelurkan setumpuk ahli teori mengenai suku Maya.

 

Namun, beberapa prediksi dan ramalan tentang akhir dunia terjadi pada 2012 yang didasari oleh berakhirnya kalender suku Maya dan ramalan tentang Bolon Yokte dibantah oleh banyak ahli, diantaranya Erik Velasquez yang mengatakan bahwa tidak ada ramalan khusus bagi tahun 2012 yang ditinggalkan oleh suku Maya.

 

Erik Velasquez adalah ahli etching di National Autonomous University of Mexico (UNAM). "Etching" adalah tindakan atau proses pembuatan rancangan atau gambar di lempengan logam, kaca dan lain-lain, dengan menggunakan korosif dari asam acid.

 

National Institue of Anthropological History di Meksiko juga berusaha untuk meredam gelombang ramalan mengenai kiamat yang didasari oleh perhitungan waktu suku Maya.

 

Menurut lembaga itu, "Pemikiran kaum messiah Barat telah menyelewengkan pandangan dunia peradaban kuno seperti suku Maya," Lembaga ini juga menyebutkan bahwa dari rata-rata 15.000 teks glyph yang terdaftar dan ditemukan di berbagai tempat berbeda menjadi wilayah kekaisaran suku maya, hanya dua yang menyebut-nyebut 2012.

 

Di dalam kalender suku Maya, penghitungan panjang kalender dimulai pada 3.114 SM dan dibagi rata-rata jadi masa 394 tahun yang disebut Baktun. Suku Maya menganggap angkat 13 itu suci dan Baktun Ke-13 berakhir tahun 2012.

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa, suku Maya tidak pernah terbukti meramalkan akan terjadinya kiamat pada tahun 2012.  Seperti kalender kita yang tidak akan habis setelah 31 Desember, kalender bangsa Maya juga tidak berhenti setelah 21 Desember 2012. Tanggal ini hanyalah akhir dari periode perhitungan masa bangsa Maya yang panjang itu.

 

Sebagaimana kalender kita yang akan dimulai lagi setiap 1 Januari, maka  seharusnya periode panjang kalender Maya berikutnya juga akan dimulai, namun entah karena apa, peradaban suku Maya tiba-tiba menghilang. Dunia bagi suku Maya telah lebih dulu berakhir, jauh sebelum waktu yang diramalkan akan menjadi akhir bagi dunia kita.

 

 

Bantahan Berita Bumi Gelap 23-25 Desember 2012

Informasi tentang bumi akan gelap pada tanggal 23 sampai 25 Desember 2012 seperti yang banyak beredar dibeberapa blog tersebut disebutkan berasal dari pihak NASA dan mempublikasikan petikan tulisan dalam bahasa Inggris dan juga terjemahan kedalam bahasa Indonesia.

Bila menelisik dari terjemahan Bahasa Indonesia, maka pernyataan tentang terjadinya gelap di bumi yang diawali pada tanggal 23 Desember 2012 dan berakhir pada 25 Desember 2012 adalah sebagai berikut ini:

NASA memperkirakan kegelapan total terjadi di bumi pada 23-25 Desember 2012. Fenomena ini terjadi akibat dari "sejajarnya alam semesta". Namun kegelapan total selama 3 hari tersebut bukanlah akhir dari dunia, tetapi ini hanyalah kesejajaran dimana matahari dan bumi akan berada pada satu garis lurus untuk pertama kalinya. Bumi akan bertukar tempat dari dimensi 3 ke dimenso 0, lalu bertukar lagi ke dimensi ke 4. Selama perpindahan tersebut seluruh alam akan menghadapi perubahan besar, dan kita akan melihat dunia yang benar-benar baru. Dalam kejadian ini nantinya, ketenangan merupakan hal yang sangat dibutuhkan, saling peluk satu sama lain, berdoa, dan terus berdoa. Beristirahatlah selama tiga hari tersebut, dan mereka yang bertahan akan menghadapi dunia yang benar-benar baru. Namun bagi mereka yang tidak bersiap akan banyak mati karena rasa takut.

Dari banyak informasi yang beredar dan sempat dibaca oleh penulis blog Karo Cyber, bahwa peristiwa bumi akan gelap pada tanggal 23 hingga 25 Desember 2012 tersebut disebut sebagai peristiwa yang dinamakan dengan "blackout on 23-25 Dec 2012". Namun dari situs yang biasanya membahas tentang berita-berita hoax atau kabar bohong, yaitu situs hoax-slayer.com, menyebutkan bahwa pemberitaan tersebut sebenarnya adalah kabar hoax belaka.

Menurut situs hoax-slayer.com, bahwa berita tentang "blackout on 23-25 Dec 2012" atau "Bumi Akan Gelap Pada Tanggal 23 Sampai 25 Desember 2012" adalah kabar bohong atau pesan hoax.

Klaim bahwa akan terjadinya gelap di bumi selama tiga hari pada 23 hingga 25 Desember merupakan klaim aneh yang seolah-olah dapat dipercaya karena pada tampilan video yang juga turut disebar menampilkan Administrator NASA, Charles Bolden F.

Namun perlu diketahui bahwa dalam video tersebut, Bolden tidaklah berbicara tentang kesiapan keluarga untuk menghadapi kegelapan bumi akibat geseran ke dimensi nol. Selain itu berita ini tidak ada ditemukan disitus resmi NASA. Bahkan laporan tentang hal itu juga tidak ada satupun dapat ditemukan pada media yang kreadibel, sehingga sebagai kesimpulannya bahwa benar memang berita tentang bumi akan gelap pada 23 sampai 25 Desember 2012 adalah kabar hoax atau kabar bohong.

Apa yang dapat kita simpulkan ??
Dari 2 fakta yang telah terpapar tersebut sudah jelas kemungkinan tidak akan terjadi kiamat di tanggal 21 desember 2012. Kiamat memang pasti akan terjadi namun manusia tidak akan pernah bisa memprediksi kapan kiamat itu akan terjadi. 


referensi 
http://techno.okezone.com
http://tekno.liputan6.com
http://www.penjorangan.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Instal N-Gage 2.0 di Ponsel E63/E71 (320x240)

Masih ingatkah dengan ponsel-ponsel berikut Nokia N-Gage classic & dan Nokia N-Gage QD merupaka ponsel yang tidak hanya berfungsi untuk telp maupun sms saja tapi ponsel ini memiliki beberapa fitur yang dianggap sebagai cikal bakal ponsel multimedia. ponsel ini ber-OS symbian S60v1 . fitur andalannya sudah jelas yaitu game (N-gage 1.0) yang memiliki kualitas grafik tinggi pada jamannya.

Aplikasi “Magic Key” & Cara Menggunakannya Di S60v3 E63 E71

Ponsel saat ini tidak hanya untuk alat komunikasi saja tetapi dapat digunakan untuk sarana hiburan seperti mendengarkan musik/mp3, menonton video baik offline maupun online dan bermain game. Pada kesempatan ini saya akan membagikan aplikasi yang mungkin akan membantu bagi para gamer untuk bermain game khususnya game-game N-Gage diponsel symbian S60v3 yang berlayar landscape. Magic key merupakan aplikasi yang dapat membuat tombol angka pada hp qwerty menjadi seperti hp biasa / potrait. bagi yang belum punya silahkan download

Mengatasi Status "Pending" Saat Menginstal Aplikasi dari Windows Store di Windows 8

pernah mengalami status pending saat menginstal aplikasi dari windows store ? mungkin sebagian dari orang-orang mengira bahwa koneksi internetnya sedang lambat. namun bagaimana jika koneksi internetnya sudah cepat tapi masih mengalami masalah status pending saat download aplikasi dari windows store ? mungkin langkah-langkah berikut bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut 1. cari  dan buka command prompt (cmd) jalankan sebagai administrator (run as administrator)